Toyota Motor Manufacturing Indonesia

22 April 2015

Teknologi Dual VVT-i Toyota

Teknologi Dual VVT-i Toyota

Lebih Canggih dan Efisien

 

Toyota selalu menanamkan hasil pengembangan teknologi pada setiap produknya. Salah satu aplikasi terkini yang hadir adalah teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent). Ini merupakan cara kerja pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.

Sistem ini terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur waktu bukaan katup pada mesin. Dapur pacu masa kini dengan sistem 4-stroke memiliki katup masuk (intake) dan buang (exhaust) untuk mengontrol aliran udara dan bahan bakar masuk ruang bakar plus hasil pembakaran keluar menuju knalpot.

Dengan penerapan VVT-i, waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem ini awalnya diaplikasi pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol. Nah, maka lahirlah sistem Dual VVT-i.

Dengan mengatur katup masuk dan buang, pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misal pada saat start, pengaturan dimaksimalkan agar dapur pacu segera mendapat suhu ideal. Keuntungannya, tenaga dan torsi mesin segera tersedia. Pun demikian, catalytic converter, suhu juga lebih cepat panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar hasilnya lebih ramah lingkungan.

Tak ketinggalan, saat dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa disesuaikan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja dalam kondisi macet atau digeber hingga putaran tinggi pada jalan bebas hambatan.

Tak heran, sumber tenaga Toyota masa kini memiliki performa dan efisiensi lebih baik meski kapasitas tetap sama. Sebagai contoh 2ZR-FE 1.798 cc empat silinder 16 Valve andalan Toyota All New Corolla Altis kini meletupkan daya 151 dk/6.400 rpm dan torsi 190,2 Nm/4.000 rpm. Lebih bertenaga, tetapi irit dan ramah lingkungan.