Toyota Motor Manufacturing Indonesia

04 July 2014

Dukung Peningkatan Kualitas Insinyur Lokal

Dukung Peningkatan Kualitas Insinyur Lokal:

Toyota Indonesia Donasikan Kendaraan Utuh untuk  
Perguruan Tinggi dan SMK Senilai Rp 3,6 Milyar

 

Jakarta – Toyota Indonesia menyumbangkan 13 unit kendaraan utuh kepada beberapa perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia guna mendukung kegiatan praktikum teknik. Upaya ini merupakan salah satu wujud komitmen Toyota Indonesia untuk mendukung  peningkatan  kualitas sumber daya manusia  (SDM) Indonesia, khususnya dalam menyiapkan  para insinyur lokal yang handal.

Donasi kendaraan yang akan dilakukan dalam beberapa tahap ke Universitas dan SMK terpilih yang tersebar di wilayah nusantara ini diawali dengan penyerahan secara simbolis satu unit Toyota Vios dari Toyota Indonesia kepada Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang diserahkan oleh Corporate and External Affairs Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) I Made Dana Tangkas kepada perwakilan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. T. Yuri Zagloel M.Eng.Sc.

“Kualitas insinyur lokal sangat penting terutama dalam menghadapi era persaingan yang kompetitif  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Menyikapi hal ini, kami berupaya untuk bisa membantu peningkatan kualitas insiyur dengan memperkenalkan teknologi di dunia otomotif sebagai salah satu industri yang akan langsung terkena dampak penerapan MEA. Penyerahan bantuan ini merupakan wujud dari komitmen  Toyota Indonesia  untuk terus mendukung  peningkatan kualitas SDM Indonesia yang handal   sesuai dengan semangat Toyota Berbagi,”  kata ungkap   I Made Dana Tangkas.
Toyota akan mendonasikan 13 unit Toyota Vios kepada beberapa perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Total nilai ekonomis dari donasi ini adalah sekitar Rp 3,6 milyar rupiah. Sebelumnya, Toyota Indonesia telah mendonasikan kendaraan utuh dan komponen kendaraan kepada lebih dari 60 Sekolah Menengah Kejuruan Teknik di seluruh Indonesia. 

“Kami menyambut baik donasi ini sebagai salah satu upaya menjembatani dunia pendidikan dan dunia industri. Kami yakin dengan adanya upaya-upaya yang seperti dilakukan oleh Toyota ini dapat memberikan gambaran yang lebih nyata bagi para mahasiwa dan pengajar tentang perkembangan dunia teknologi terutama otomotif yang tumbuh semakin pesat dan kompetitif. Harapan kami, semoga kualitas insiyur Indonesia dapat bersaing dengan insinyur lainnya di kawasan Asia maupun dunia” tutur Prof. T. Yuri Zagloel.

Selain donasi berupa kendaraan utuh dan komponen kendaraan, Toyota Indonesia juga telah mendonasikan perangkat laboratorium “Lean Production Manufacturing” yang menerapkan sistem produksi Toyota kepada Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laboratorium ini digunakan oleh para mahasiswa Fakultas Teknik untuk mempelajari cara merancang fasilitas manufaktur. Dalam waktu dekat, Toyota juga akan memberikan paket simulasi “Lean Production Manufacturing” kepada Institut Teknologi Bandung.

Pemberian donasi ini merupakan implementasi dari semangat Toyota Berbagi (Bersama Membangun Indonesia) terutama pilar ketiga yaitu tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan. Toyota, sesuai dengan prinsip pendirinya berkomitmen untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan masyarakat melalui pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, peningkatan investasi, produksi dan ekspor serta layanan purna jual seiring dengan semangat untuk menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif nasional.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Willy/Nia/Ika/Ueno
Public Relations Department
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
Tlp    : 021 – 651551 ext 2727/2728
Fax     : 021 – 6521587
Email    :
Willy.keraf@toyota.co.id
Ratna.kurniasari@toyota.co.id
Ika.kristi@toyota.co.id
Taro.ueno@toyota.co.id