Toyota Motor Manufacturing Indonesia
 

Pabrik

KELOMPOK KERJA LINGKUNGAN

Manajemen lingkungan TMMIN mencakup seluruh kegiatan manufaktur dan proses bisnis.

 

 

 
TMMIN - ENVIRONMENT WORKING GROUP
1

Aspek Lingkungan Di Manufaktur

Meningkatkan efisiensi untuk mengurangi penggunaan energi, material dan sumber daya alam serta berfokus pada prinsip 3R (Reduce, Reuse & Recycle) untuk penggunaan energi listrik, bahan bakar, dan air.

 

 
  • CO2 Reduction
  • Water Reduction
  • Waste Reduction
  • Volatile Organic Compound Reduction
Environment in Manufacture - CO2 Reduction
Environment in Manufacture - Water Reduction
Environment in Manufacture - Waste Reduction
Environment in Manufacture - Volatile Organic Compound Reduction
2

ASPEK LINGKUNGAN DI LOGISTIK

Berfokus pada pengurangan penggunaan Carbon Emision (CO2) yang dihasilkan dari proses pengangkutan dan pengemasan bahan-bahan limbah.

 

 
TMMIN - ENVIRONMENT IN LOGISTIC
3

ASPEK LINGKUNGAN DI PURCHASING

Sebagai bagian dari komitmen TMMIN untuk meningkatkan peran pemasok sebagai rekan bisnis. TMMIN mewajibkan para pemasok untuk mengimplementasikan ISO 14001 melalui Toyota Purchasing Guidelines yang mencakup Daftar Pelarangan Penggunaan Zat Kimia Berbahaya dan Manajemen Zat Kimia Berbahaya.

 
TOYOTA GREEN PURCHASING GUIDELINES 2013
TOYOTA GREEN PURCHASING GUIDELINES 2013 download
 
4

Kesadaran Karyawan

Selain pengembangan pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan, peningkatan kesadaran karyawan terhadap lingkungan juga menjadi salah satu faktor penting dalam manajemen lingkungan TMMIN. Oleh karena itu, TMMIN selalu memperingati Hari Lingkungan setiap tanggal 5 Juni yang juga bertepatan dengan Hari Lingkungan Dunia.

 
ENVIRONMENT CAMPAIGN 2013
ENVIRONMENT CAMPAIGN 2013 download
ENVIRONMENT CAMPAIGN 2014
ENVIRONMENT CAMPAIGN 2014 download
 
5

AFORESTASI

Toyota Forest adalah inisiatif yang dimiliki TMMIN untuk mempertahankan ekologi dan mengembangkan konsep pabrik yang ramah lingkungan. Objek utama dalam Toyota Forest ini antara lain untuk mendirikan pabrik yang selaras dengan alam.

 

Toyota Forest dimulai untuk menanami kembali area seluas 1ha yang telah menjadi lahan terbuka untuk tujuan pembangunan pabrik Karawang 2. Sejumlah 10.000 pohon menjadi target untuk upaya reboisasi, mulai dari pohon berjenis langka hingga pohon asli dari Indonesia seperti Gandaria, Spathodea, Sawo, Duian, dan banyak lagi yang lainnya.

 

 

KEBIJAKAN LINGKUNGAN

TMMIN berkomitmen untuk menjadi perusahaan HIJAU dan menerapkan prinsip-prinsip yang membuat TMMIN mampu tumbuh dan berkembang selaras dengan lingkungan serta mempromosikan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat.

Berdasarkan filosofi diatas, TMMIN mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dibawah ini:

 
TMMIN - ENVIRONMENT POLICY

LINGKUNGAN & PENGEMBANGAN YANG BERKELANJUTAN

TMMIN memiliki komitmen besar dalam melakukan manajemen lingkungan sebagaimana tercermin dalam tiga pilar Toyota Environment Management System (EMS). Selain itu, TMMIN selalu mengimplementasikan nilai-nilai Toyota Way & ISO 14001 sebagai standar dalam me-manage lingkungan.

 

 
TMMIN - ENVIRONMENT & SUSTAINABLE DEVELOPMENT

LINGKUNGAN TMMIN DI MASA MENDATANG

Sebagai bagian dari komitmen TMMIN untuk menjadi perusahaan yang handal dan mampu menyadari adanya masa depan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya. TMMIN mengupayakan peningkatan efiensi dalam penggunaan energi, material dan sumber daya alam secara terus menerus.

 

 
TMMIN’S ENVIRONMENT IN FUTURE