Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Working Together To Answer Global Challenge

Lokalisasi

Sejak awal mula berdirinya, Toyota Indonesia senantiasa terus menerus berusaha untuk meningkatkan rasio kandungan lokal mobil yang dihasilkan maupun pada produk-produk lainnya. Pengembangan industri komponen lokal ini dilakukan secara bersama-sama antara Toyota Indonesia dan perusahaan pembuat komponen.

Untuk menghasilkan komponen yang berkualitas, Toyota dan perusahaan pembuat komponen duduk bersama. Dalam proses perencanaan awal, Toyota memberikan contoh komponen dan memberi petunjuk cara membuat dan bahan yang dipergunakan dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Sedangkan, dalam proses produksi, Toyota ikut mengontrol kualitas agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam upaya membangun jaringan pemasok komponen, Toyota fokus pada enam poin penting yakni faktor keselamatan, lingkungan, kualitas, produktivitas, efisiensi dan sumber daya manusia. Seluruh poin itu disosialisaikan kepada semua elemen Toyota sebagai satu budaya perusahaan yang menjadi dasar dalam bekerja.

TMMIN - Localization

Dengan didukung pengalaman selama lebih dari empat dekade, maka untuk model-model terbaru (Etios, Vios, dan Yaris) kami bisa langsung mencapai rasio kandungan komponen lokal yang tinggi. Dan untuk ke depannya, Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk meningkatkan rasio kandungan komponen lokalnya, bekerja sama dengan para mitra bisnis kami, tidak hanya pemasok di tingkat pertama, tapi juga tingkat kedua dan ketiga sehingga kedalaman industrinya menjadi lebih tinggi.

Localization

TMMIN production models

Sebagai salah satu basis produksi Toyota di dunia, TMMIN selalu berupaya untuk memperkuat basis produksi industri pendukung dengan terus meningkatkan rasio komponen lokal yang digunakan.

Local Supplier 1,656

PEMASOK LOKAL

(lapis pertama, kedua dan ketiga) dan akan terus bertambah lagi

PEMASOK KOMPONEN

TMMIN dan para pemasok lokal bersama-sama membangun daya saing industri otomotif Indonesia dengan cara memperbanyak penggunaan komponen buatan dalam negeri di dalam semua mobil produksinya.

  • Localization Exhibition at TMMIN Head Office
    1/ 1

    Localization Exhibition at TMMIN Head Office

vertical shadow

PEMASOK MATERIAL

Penggunaan material dasar (baja, resin, dll) yang didapat dari pemasok lokal diharapkan dapat memperkaya kandungan lokal mobil hasil produksi TMMIN. Dalam aktivitas ini, TMMIN melakukan kerja sama dengan pemerintah maupun dengan perusahaan swasta sehingga diharapkan memperkuat landasan industri otomotif Indonesia. 

  • Fair Procurement on Supplier Selection
    1/ 1

    Fair Procurement on Supplier Selection

vertical shadow

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai pemasok dilakukan TMMIN dengan melakukan pengembangan berbasis standar yang sama dengan semua pemasok lainnya. Upaya ini diharapkan dapat membuat UMKM lebih maju dan mandiri. 

SMALL MEDIUM ENTERPRISE 32

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

yang merupakan mitra bersama TMMIN